Resep kue klepon dari beras ketan

Resep kue klepon dari beras ketan - Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di di Sumatera dan di Malaysia, klepon disebut "onde-onde", sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde adalah bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.
Untuk lebih lengkapnya silahkan baca cara membuat kelepon dari tepung beras berikut ini :
Bahan :
200 gr tepung beras ketan
150 ml air hangat
1/2 sdt garam
1 sdt essens pandan
3 sdt air kapur sirih
gula merah, sisir halus untuk bahan isian
kelapa parut 1/2 tua, kukus dan beri sedikit garam untuk taburan
Untuk cara membuatnya:
  1. Campur air hangat , garam, esses pandan dan air kapur sirih lalu adu sampai rata.Tuangkan ke dalam tepung beras ketan sambil diuleni sampai kalis dan tidak legket di tangan.
  2. Ambil sejumput adona lalu isi dengan 1 sdt gula merah lalu bulatkan. Lakukan sampai adonan yang anda buat habis.
  3. Rebus bulatan klepon  ke dalam air mendidih sampai mengambang, angkat dan tiriskan
  4. Dalam keadaan panas, gulingkan klepon ke dalam kelapa parut.
  5. Klepon sudah jadi dan siap disajikan.
Demikian Resep kue klepon dari beras ketan. Semoga resep membuat klepon dari beras ketan ini dapat dipraktekan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep kue klepon dari beras ketan"

Posting Komentar